Bagaimana Pendidikan di Sekolah FAAST Di Masa Pandemi? Kelas 2020

Kegiatan Akademik FAAST Penerbangan, Paling Seru dan Berfaedah!

Sudah berbulan-bulan semenjak artikel ini ditulis, Wabah covid19 jug belum ada tanda-tanda mereda. Pandemi ini sudah memukul banyak sektor termasuk sektor pendidikan, Banyak sekolah ataupun perguruan tinggi ‘dirumahkan’ demi memutus mata rantai penyebaran serta berusaha melindungi para guru dan peserta didik, Pembelajaran diganti dengan pembelajaran daring online yang menyimpan kelebihan kekurangannya masing-masing. FAAST Penerbangan merupakan lembaga pendidikan dan pelatihan Pramugari dan Staff Airline yang tak terkecuali terkena imbas dari pandemi covid19 ini. Bagaimana langkah kampus untuk menyelesaikan angkatan sebelumnya sekaligus menyiapkan angkatan siswa baru di masa pandemi ini? Yuk baca selengkapnya disini! Bagaimana Pendidikan di Sekolah FAAST Di Masa Pandemi? Kelas 2020

Bagaimana Pendidikan di Sekolah FAAST Di Masa Pandemi? Kelas 2020
Bagaimana Pendidikan di Sekolah FAAST Di Masa Pandemi? Kelas 2020

Profil Sekolah FAAST Penerbangan

FAAST Penerbangan singkatan dari Flight Attendant n Airkine Staff Training sesuai dengan nama singkatannya memang fokus menyediakan pendidikan pelatihan bagi siswa yang tertarik di dunia kerja penerbangan terutama untuk jurusan FA Pramugari pramugara dan Staff Airline.

Dengan dukungan tenaga instruktur yang sudah berpengalaman di bidangnya selama bertahun-tahun ditambah kurikulum yang dirancang agar siswa bisa memiliki karakteristik sera kualitas seperti yang maskapai cari. Untuk masa pendidikan FAAST Penerbangan di semua jurusan adalah 5 bulan ditambah 2 bulan magang kerja atau in the job training. Kelas pendidikannya adalah bulan Juli dan bulan November dinuka per tahun.

Sebelumnya, FAAST Penerbangan sedang menyelenggarakan kegiatan beljar mengajar untuk angkatan November 2019 yang sudah mulai memasuki tahap akhir. Namun karena wabah atau pandemi covid19 mulai gencar melanda pada pertengahan sampai akhir bulan Maret 2020, Maka tidak mau demi keselamatan serta kenyamanan bersama, Pihak FAAST Penerbangan menangguhkan kegiatan belajar mengajar sampai menunggu lampu hijau atau izin dari pemerintah daerah setempat dalam hal ini Pemerintah daerah kota Jogja terkhusus kabupaten Sleman lokasi kampus FAAST Penerbangan.

Seperti yang kita ketahui Jogja termasuk kota pelajar, Pusat para pelajar yang berdatangan dari banyak wilayah seantero Nusantara. Para siswa FAAST angkatan November 2019 dengan terpaksa ‘dipulangkan’ ke daerahnya masing-masing mengikuti instruksi #Dirumahsaja untuk membantu memutus penyebaran virus ini. Lantas bagaimana kejelasan para siswa dalam menyelesaikan study nya di FAAST?

Para siswa FAAST masih sering mendapatkan tugas daring dari pihak kampus selama masa di rumah aja, Namun hanya sebagai selingan dan mengusir kebosanan , Karena pendidikan dan peelatihan akan tetap diupayakan untuk dilakukan secara langsung bertatap muka.

Namun situasi menjadi sulit karena banyak daerah menerapkan PSBB atau pembatasan sosial berskala besar, Sehingga siswa menjadi tidak mudah keluar masuk daerahnya dan bahkan dilarang masuk ke suatu daerah tertentu, Ditambah tidak beroperasinya sebagian besar transportasi baik darat ataupun udara, Sehingga tidak ada kata lain selain menunggu.

FAAST Penerbangan Menatap New Normal

Kurva suspect covid terus naik belum ada tanda-tanda kurva melandai, Sampai kapan kita harus di rumah terus? Sedangkan ekonomi harus terus berjalan dari sinilah mulai muncul gagasan  new normal atau tatanan baru. Di era new normal ini, Pasar-pasar, Mall, Bandara mulai dibuka kembali tentunya dengan harus memenuhi protokol kesehatan yang berlaku. Bukan berarti bebas seperti semula tetapi harus memenuhi aturan mulai dari menjaga jarak aman, Wajib memakai masker , Rajin Cuci tangan ditandai degan sejumlah tempat cuci tangan di tempat-tempat umum. Sedangkan untuk kegiatan belajar mengajar ala sekolah masih melalui daring/online. Lalu bagaimana dengan pendidikan pelatihan di FAAST Penerbangan? Tentunya kita harus menjaga keselamatan bersama, Setiap keputusan yang diambil harus dipertimbangkan mattang-matang demi kesehatan orang banyak. Sehingga sekali lagi FAAST Penerbangan tetap masih menunggu izin dari pemda setempat karena biar bagaimanapun izin pelatihan FAAST juga dari pemerintah setempat sehingga FAAST tertib/patuh dan menunggu keputusan  resmi dari pemangku kepentingan.

Sesuai dengan judul tajuk , Akhirnya FAAST Penerbangan menatap new normal dengan memastikan kapan pelaksanaan pendidikan pelatihan dimulai kembali, Terpenting untuk menyelesaikan kelas angkatan November 2019 serta untuk pembukaan kelas baru 2020, Tentu dengan kaidah atau protokol yang wajib dijalankan demi keamanan serta kenyamanan bersama.

Bagaimana Pendidikan di Sekolah FAAST Di Masa Pandemi? Kelas 2020
Bagaimana Pendidikan di Sekolah FAAST Di Masa Pandemi? Kelas 2020

Sesuai dengan  surat pemberitahuan FAAST yang ditulis pada akhir bulan Juni 2020 selaku atas nama pimpinan dan pelaksana pendidikan FAAST memutuskan bahwa sisa masa pendidikan FAAST Penerbangan kelas November 2019 akan kembali digelar bulan Agustus 2020. Setiap siswa yang baru datang dari daerahnya wajib mengikuti prosedur sebagai berikut ini :

  1. Datang kembali ke Jogja maksimal 15 hari jelang hari-H pelaksanaan pendidikan kembali
  2. Wajib melakukan isolasi diri semenjak hari kedatangan sampai 15 hari mendatang [di asrama].
  3. Wajib membawa KTP dan surat hasil rapid TEST dari daerah masing-masing [1 asli, copy 2]

Bagaimana Dengan Kelas Angkatan 2020?

Nah itulah tadi gambaran atau skema FAAST Penerbangan dalam menyelesaikan masa pendidikan para siswanya di angkatan sebelumnya yang sempat tertunda. Lalu bagaimana dengan nasib angkatan kelas 2020 terutama bulan Juli yang masih dalam masa “bulan belum aman?”

Unttuk kelas angkatan Juli 2020 tetap dilaksanakan, Hanya saja kelas mengalami pengunduran di bulan Oktober. Sedangkan kelas angkatan November sejauh artikel ini ditulis, Masih belum mengalami perubahan jadwal. Dan sekali lagi para siswa baru FAAST wajib mengikuti 3 prosedur seperti di paragraf atas.

Sedangkan inilah saran atau imbauan bagi para siswa FAAST yang sudah ada di asrama demi meminimalisir kontak atau keluar masuk asrama di masa darurat pandemi covid19 :

  • Untuk keperluan makan sehari-hari disarankan berlangganan catering sesuai dengan rekomendasi dari kampus atau bisa pesan melalui aplikasi online.
  • Disarankan menggunakan mBanking untuk mempermudah transaksi , Dengan menghubungi masing-masing call center Bank.
  • Untuk keperluan belanja atau stock makanan menggunakan jasa aplikasi shop atau food online.
  • Untuk melakukan pengiriman barang bisa menggunakan J&T dan sejenisnya.

Baca Juga : Panduan Pencegahan Corona dalam Penerbangan

Nah demikian kurang lebih informasi bagaimana Sekolah FAAST Penerbangan menangani sekaligus menyelenggarakan pendidikan di masa pandemi, Untuk teknis pembeajarannya akan ada info susulan entah itu melakukan social distancing silang bangku atau sejenisnya, Nanti akan diinfokan kembali.

Jadi tetap tenang dan waspada, Tidak usah ragu ataupun takut mendaftar di sekolah FAAST Penerbangan. Karena pendaftaran sejak awal DILAKUKAN ONLINE cukup dari rumah saja : Pendaftaran online— tes online— tes interview via telepon serta pembayaran melalui transfer rekening bank.

Ayo masih terbuka kesempatan kelas Juli! Kelas Juli yang ditunda, Masih memberi kesempatan bagi yang belum melakukan pendaftaran alias masih belum terlambat mendaftar! Ditunggu sampai batas waktu bulan September! Yuk dafttar online sekarang juga! Info pendaftaran : Kak Eri FAAST : 0895-4230-09107 

 

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *