Cara Menjadi Pramugara, Flight Attendant Khusus Pria

Syarat menjadi Pramugara– Mayoritas awak kabin dunia adalah para wanita. Itu fakta. Namun, itu adalah anggapan yang diterima secara luas bahwa banyak yang telah dilakukan untuk mengupayakan kesetaraan gender dalam beberapa dekade terakhir.  Jadi, mengapa sebagian besar awak kabin adalah  perempuan? Bagaimana dengan peluang laki-laki yang tentu saja juga memiliki keinginan buat menjadi awak kabin dan disebut dengan pramugara. Bagaimana dengan peluang pramugara? Bagaimana cara menjadi pramugara? Mari simak artikel selengkapnya disini.

Cara Menjadi Pramugara, Flight Attendant Khusus Pria
Cara Menjadi Pramugara, Flight Attendant Khusus Pria

Mengapa Kru Kabin Kebanyakan Wanita?

Karena seberapa cepat persona awak kabin adalah menjadi milik perempuan. Sfat alamiah perempuan yang memiliki jiwa melayani bahkan dimulai saat mereka merawat bayi mereka, Perempuan bisa memberikan layanan yang meneduhkan klien-nya. Namun, bukan berarti tiap perempuan bisa dengan mudah mendaftarkan diri menjadi awak kabin peremuan yag biasa disebut dengan pramugari. Dewasa ini, maskapai mulai memberlakukan aturan ketat (banyak yang masih berlaku sampai sekarang) pada tinggi berat badan, usia, status perkawinan, dan penampilan awak kabin itu sendiri. Yang bisa meningkatkan daya tarik penumpang. Sehingga bukan hanya pria, Persyaratan ini lebih sulit lagi bagi sesama perempuan.

Peluang Kerja Awak Kabin Pria

Secara statistik ada lebih banyak perempuan dari pelamar laki-laki, yang dapat menjelaskan beberapa ketidakseimbangan dalam jumlah. Ini sangat menandakan bahwa maskapai lebih membutuhkan awak kabin wanita ketimbang pria. Kru kabin perempuan bisa memberikan daya tarik dari penampilan, Seragam hingga dandanan yang mempesona walau sebenarnya tugas utama kru kabin adalah memberikan layanan jasa yang baik sekaligus bantuan keselamatan selama dalam penerbangan.

Namun buka berarti maskapai tidak membutuhkan awak kabin pria. Salah satu alasan utama untuk ini adalah bahwa kehadiran kru pria di kabin dapat sangat berguna ketika berhadapan dengan penumpang mabuk, agresif atau berbahaya.
Contoh dari hal ini adalah pada penerbangan bisa di maskapai manapun di mana dua petugas laki-laki harus menahan penumpang yang berusaha masuk ke kokpit – individu tersebut cukup kekar dan kru perempuan yang bertugas tidak memiliki  kekuatan untuk berurusan dengan jenis penumpang macam ini. Lagipula pria memiliki tenaga lebih besar serta memiliki jiwa murni sebagai pemimpin sehingga berguna untuk situasi darurat atau berbahaya. Disamping tingkat ketenangan pria jauh lebih stabil dalam kondisi darurat atau berbahaya.

Cara Menjadi Pramugara

Bagaimana cara menjadi  seorang Cabin Crew alias kru kabin pria? Kandidat harus melamar di berbagai maskapai berbeda yang biasanya diiklankan di surat kabar nasional & media massa lainnya. Atau bisa menggunakan bantuan media sosial serta web resmi perusahaan maskapai penerbangan. Karena disanalah mereka biasa menerbitkan infoormasi rekruitmen kerjannya.

Setelah kandidat terpilih, mereka harus menjalani berbagai tahap seleksi. Kandidat yang berhasil akan dipanggil untuk tes wawancara pribadi serta tahap seleksi lainnya. Setelah lolos tahap seleksi maka calon kandidat pramugara diterima dan siap untuk proses menjadi seorang pramugara profesional di maskapai tersebut. Bagaimana mudah bukan cara menjadi pramugara?

Namun tidak semudah itu jika kamu masih belum memenuhi persyaratan yang diajukan oleh maskapai. Persyaratan menjadi pramugara antar maskapai bisa berbeda-beda. Beberapa syarat umum di antaranya adalah : Tinggi badan minimal 170 cm, berat badan ideal, Sehat jasmani rohani, Pendidikan minimal SMA atau sederajat dengan pendidikan D3 ke atas diutamakan, Usia minimal 18 tahun. Belum menikah serta bisa berkemampuan komunikasi yang baik, Bahasa Inggris jadi nilai lebih. Serta memenuhi personal grooming seperti :

  • tidak bertato
  • tidak bertindik
  • tidak terlihat jambang, kumis atau brewok
  • tidak memakai gigi behel
  • tidak memiliki bekas luka
  • tidak memakai kaca mata [lensa kontak sebagai gantinnya, mata minus maksimal 3].

Gaya rambut : Rambut pramugara harus selalu rapi dan terlihat dengan gaya sederhana. Cobalah untuk menghindari produk gel atau styling yang terlihat terlalu banyak. Paling aman untuk tetap memakai warna alami rambut.

Perawatan Kulit : Walau pramugara tidak dianjurkan memakai make up yang berlebihan, Namun mengingat udara di kabin yang sewaktu-waktu bikin kering dan dehidrasi, Maka penting untuk menjaga kulit tetap lembap.

Tangan dan kulit : Kuku harus pendek dan rapi – pasti tidak lebih dari ujung jari. Dan jaga kebersihannya! Ini sangat penting. Masalah yang sama dengan kulit kering juga berlaku untuk tangan, jadi jaga agar kulit tetap lembab untuk mencegah kulit pecah-pecah dan kering atau terkelupas.

Cara Sukses Jadi Pramugara

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Untuk sukses menjadi seorang pramugara kita harus menaklukkan berbagai tahapan tes seleksinya. Karena dalam tahap seleksi kita bersaing dengan banyak kandidat,p enting mempelajari ilmu-ilmu mendasar kepramugaraan supaya menjaga peluang kita lolos.

Karena pengetahuan semacam ini tidak kita dapatkan di bangku sekolah, Lantas apa yang harus kita lakukan? Kita bisa mengikuti pendidikan pelatihan sekolah pramugara. Apakah sekolah pramugara itu menjadi keharusan agar menjadi pramugara? Tentu saja tidak, Namun dengan mengikuti diklat pramugara, Peluang lolos kita bisa bertambah besar karena kita bisa mempelajari keilmuan awak kabin pramugara dari hal yang mendasar sampai yang paling sulit.

Cara Menjadi Pramugara, Flight Attendant Khusus Pria
Cara Menjadi Pramugara, Flight Attendant Khusus Pria

Juga umumnya sekolah pramugara menawarkan kegiatan magang kerja dan info bursa kerja untuk semakin memudahkan para siswa memperoleh pekerjaan setelah selesai pendidikan. Salah sau penyelenggara pendidikan sekolah penerbangan adalah FAAST Penerbangan! FAAST mempunyai layanan bursa kerja yang membantu mempermudah dalam pencarian info kerja setelah selesai pendidikan. Selain dengan bekal ketrampilan serta pengetahuan yang didapatkan selama pendidikan dapat meningkatkan kualitas SDM para siswa. Ayo segera lakukan pendaftaran sekarang juga! Info masa pendidikan, Cara pendaftaran hingga biaya pendidikan silakan hubungi panitia pendaftaran berikut ini : Kak Eri FAAST : 0895-4230-09107. Ada kelas untuk pramugari dan staff airline  juga lho! Buruan daftar sekarang!!

Baca Juga : Pendaftaran Sekolah Pramugara

Kru kabin membutuhkan pelatihan, pengetahuan, dan kepercayaan diri untuk secara efektif menangani situasi keamanan / darurat jika muncul
Kru kabin diharapkan untuk memberikan pertolongan pertama kepada penumpang
Kru kabin menyambut dan menyambut penumpang di atas pesawat sehingga mereka harus ramah dan mudah didekati
Kru kabin harus secara konsisten memberikan standar layanan pelanggan yang luar biasa dan mempertahankan standar selama penerbangan
Kru kabin harus memperlakukan semua orang secara profesional, dengan rasa hormat, kesabaran, dan pengertian.

 

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *