Mengungkap Kode Rahasia Pramugari yang Sering Dipakai

Mengungkap Kode Rahasia Pramugari yang Sering Dipakai

Rahasia Pramugari yang Tak Banyak Orang Tau– Pramugari atau awak kabin penerbangan mempunyai gaya komunikasi unik, Terkadang mereka memiiki bahasa komunikasi internal antar sesama pramugari. Tujuannya adalah untuk menjaga kenyamanan antar penumpang. Karena bisa saja informasi yang mereka sampaiakan sangat rahasia sehingga penumpang tidak boleh mengetahuinya. Apa saja itu? Cari tau disini! Mengungkap Kode Rahasia Pramugari yang Sering Dipakai!

Mengungkap Kode Rahasia Pramugari yang Sering Dipakai

Sebagai pramugari, Sebenarnya tidak ada kode rahasia resmi atau standar sesuai dengan pearturan yang berlaku. Karena tidak ada hubungannya dengan pekerjaan atau tugas mereka. Tetapi pramugari, seperti orang normal, Juga sah-sah saja “secara pribadi” “bermain-main” dengan teman atau kolega mereka dan membuat beberapa “komunikasi pribadi pribadi” di antara mereka. Demi tujuan yang lebih baik lagi.

Awak kabin pramugari bertugas untuk melayani penumpang pesawat selama penerbangan. Mereka perlu memastikan kenyamanan dan keamanan penumpang selama perjalanan. Yang pertama kali penumpang temukan saat memasuki pesawat tentunnya adalah pramugari dan mereka akan menjadi mitra selama perjalanan yang siap membantu kapanpun dibutuhkan.

Mengungkap Kode Rahasia Pramugari yang Sering Dipakai
Mengungkap Kode Rahasia Pramugari yang Sering Dipakai

Dibalik senyum serta sapaan hangat mereka ketika penumpang sedang proses boarding memasuki pesawat, Pramugari melakukan ‘penilaian’. Mereka mencari siapa saja yang mencurigakan dan siapa saja yang bisa bermanfaat dalam keadaan darurat.

Dikutip dari express.co.uk, Salah seorang anggota awak kabin telah mengungkapkan ada kata kode rahasia pramugari yang sering digunakan. Jika mereka mengamati seseorang yang tampaknya sehat secara fisik dan cakap, mereka akan memberikan catatan. Kata kode yang akan mereka gunakan untuk penumpang seperti itu adalah “ABP.” Singkatan dari Able-bodied passenger. Atau penumpang dengan tubuh yang sehat. Maksudnya adalah penumpang yang sehat dan bertubuh besar bisa sangat membantu dalam keadaan darurat. Pramugari akan memastikan  di mana penumpang tersebut duduk jika bantuan orang tersebut diperlukan. Janice Bridger, yang mengaku telah bekerja menjadi pramugari selama 27 tahun, menjelaskan pentingnya orang dengan badan kuat di pesawat.

“Jika saya melihat seseorang yang berotot, Bertenaga, kuat dan bugar secara fisik, saya menghafal wajahnya dan membuat catatan tentang di mana ia akan duduk,” tulis Bridger di situs berbagi pengetahuan Quora. Tujuannya adalah jika terjadi situasi emergency, Maka awak kabin akan meminta bantuan orang tersebut [ABP].

Bridger menjelaskan, Bahwa orang-orang dengan kode ABP bisa menjadi sumber daya manusia yang berharga bagi para pramugari termasuk keselamatan penumpang lainnya. Misal jika ada gangguan dari penumpang ‘nakal’ atau dicurigai berbahaya. “Bantuan mungkin melibatkan pembekukkan atau penahanan penumpang yang nakal. Kami berharap hal itu tidak pernah terjadi, tetapi kami harus bersiap jika itu terjadi. ” Ungkap Bridger. Meski hal yang mencurigakan pastinya takkan luput dari pantauan para awak kabin. Misal penumpang yang dicurigai dalam keadaan mabuk, Sudah seharusnya difilter sejak di gate.

Kode Rahasia Pramugari Lainnya

Kode rahasia pramugari ditiap negara bisa berbeda-beda karena ada perbedaan kultur dan bahasa. Ini tentu saja lain dengan kode umum penerbangan dimana semua negara baku menggunakan bahasa internasional dalam hal ini bahasa Inggris. Namanya juga kode rahasia sehingga umumnya ini akan tetap disimpan oleh pramugari agar tidak diketahui oleh penumpang. Meski beberapa mantan pramugari mengungkapkannya di media sebagai referensi saja.

Apa saja kode rahasia pramugari lainnya? Para awak kabin ini menginginkan pelayanan penerbangan yang cepat dan efisien untuk memastikan pelayanan pelanggan yang prima. Dalam beberapa kasus, Para awak kabin menggunakan ‘kode gerakan tangan’ untuk berkomunikasi dengan awak kabin lainnya. Biasannya ketika pemesanan menu makanan, Mereka membuat kode gerakan tertentu yang sama-sama diketahui. Tujuannya adalah mempercepat proses dalam pemesanan makanan ataupun jenis minuman.

Mengungkap Kode Rahasia Pramugari yang Sering Dipakai
Mengungkap Kode Rahasia Pramugari yang Sering Dipakai

Coba teliti baik-baik jika para awak kabin sedang membicarakan nama seseorang karena bisa jadi itu sebuah kode rahasia. Misal yang umum di AS, Apabila awak kabin membicarakan ‘Jim Wilson’ kemungkinan pesawat tersebut sedang mengangkut mayat untuk diikutsertakan dalam penerbangan. Jelas para kru tidak terang-terangan mengatakan bahwa mereka sedang mengangkut mayat karena itu akan memberikan rasa ketidaknyamanan para penumpang karena satu penerbangan dengan mayat. Penerbangan lumrah membawa peti berisi mayat manusia, Bisa saja jasad tersebut adalah seseorang yang meninggal di kota atau negara lain dan hanya memungkinkan dipulangkan melalui transportasi pesawat terbang. Lagipula tidak ada pesawat khusus pengangkut mayat, Sehingga sering diikutkan dalam penerbangan komersil, Tentu ini dirahasiakan agar tak ada penumpang yang tau.

Para pramugari juga diam-diam akan ‘menggosip’ jika ada penumpang pria yang dirasa tampan. Misalkan ada pramugari yang mengatakan bahwa Ia baru saja berlibur 7 hari di Bali [misalkan]. Itu menunjuk bahwa ada penumpang yang berwajah tampan duduk di kursi nomor 7A dan seterusnya. Walaupun kode rahasia pramugari seperti ini tidak memberikan faedah apapun bagi para penumpang. Dan sulit untuk mencari kode rahasia pramugari lainnya karena mungkin jumlahnya sangat banyak dan spesifik.

Apa yang Tidak Boleh Dilakukan Penumpang Terhadap Pramugari

Meskipun salah satu tugas awak kabin pramugari adalah menyajikan makanan dan minuman, pekerjaan mereka sebenarnya  jauh melampaui pelayanan biasa seperti tersebut dan mereka benar-benar terlatih dalam segala hal mulai dari memberikan pertolongan pertama hingga memadamkan kebakaran. Sebagai bagian dari pekerjaan ini, banyak pramugari diinstruksikan oleh perusahaan maskapai bahwa mereka bahwa mereka tidak boleh menerima uang tip.
Corey Cadwell, juru bicara Association of Flight Attendants (AFA) mengatakan kepada USA Today: “Penumpang tidak boleh memberi tip kepada pramugari karena pramugari memang tidak boleh menerima tip.” Cadwell melanjutkan “Sebagai profesional, sebagai responden pertama, Sama seperti polisi dan petugas pemadam kebakaran, Tugas utama pramugari adalah untuk menjaga keselamatan dan keamanan penumpang di kabin. Ada cara lain yang jauh lebih bermanfaat ketika mengucapkan terima kasih kepada mereka.”

Sedangkan salah satu petinggi asosiasi pramugari penerbangan di Amerika Serikat, Sarah Nelson mengatakan bahwa Para Pramugari disertifikasi untuk keselamatan, kesehatan, dan keamanan kerja. Keselamatan bukan variabel dan karenanya kompensasi dasar [contoh uang tip] untuk pekerjaan [yang berfokus pada] keselamatan tidak bisa variabel. ”

Baca Juga : Cara Menangani Penumpang

Baca Juga : Sikap Etika Pramugari

Nah itulah tadi sedikit artikel tentang seluk beluk dunia pramugari yang semoga dapat menginspirasi. Apalagi jika menjadi pramugari adalah salah satu impian sejak kecil. Maka dari sekarang jangan ragu untuk mewujudkannya. Tentunnya banyak hambatan dan rintangan, Namun semua itu dapat ditaklukkan dengan perjuangan diri sendiri. Maka dari itu jangan menyerah terhadap mimpi-mimpimu dan berani untuk berusaha mewujudkannya. Bagaimana carannya? Mungkin mengikuti pendidikan di sekolah pramugari bisa menjadi pilihan yang tepat! Semua tergantung pada diri sendiri!

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *