Tes Sekolah FAAST Penerbangan Serta Tips Lolos Tes Seleksinya

Tahapan Tes Seleksi FAAST– FAAST Penerbangan merupakan salah satu penyelenggara pendidikan sekolah penerbangan yang mempunyai 2 jurusan diklat Staff Airline dan Flight attendant [Pramugari dan pramugara]. FAAST Penerbangan tiap tahunnya membuka pendaftaran kelas baru tiap pertengahan dan akhir tahun. Pendaftaran bisa dilakukan mulai dari sekarang, Untuk bisa mengikuti pendidikan di FAAST Penerbangan, Calon siswa harus mengikuti beberapa tahapan tes seleksi. Apa saja tahapan tes seleksi itu? Adakah perbedaan tes antar jurusan staff airline dan pramugari-a? Tetap simak artikel berikut ini Tes Sekolah FAAST Penerbangan Serta Tips Lolos Tes Seleksinya.

Tes Sekolah FAAST Penerbangan Serta Tips Lolos Tes Seleksinya
Tes Sekolah FAAST Penerbangan Serta Tips Lolos Tes Seleksinya

Tes Sekolah FAAST Penerbangan

Pertanyaannya mengapa perlu ada tes seleksi untuk masuk ke sekolah penerbangan seperti FAAST Penerbangan? Apakah itu menjadi suatu keharusan? Tes seleksi ini FAAST diselenggarakan untuk beberapa alasan. Yang pertama untuk menfilter jumlah pendaftar. Karena keterbatasan kuota pendaftaran tidak sebanding dengan jumlah pendaftar. Karena itulah dengan adannya tes ini diharapkan kampus benar-benar menyeleksi kandidat siswa terbaik.

Kedua, Pihak sekolah menyesuaikan dengan keinginan perusahaan maskapai. Dalam artian, Lulusan FAAST Penerbangan benar-benar kandidat sempurna bagi perusahaan maskapai penerbangan. Maka dari itu sejumlah persyaratan pendaftaran disesuaikan dengan standar maskapai bahkan kalau bisa lebih tinggi lagi sehingga mereka akan mempunyai SDM yang lebih unggul. Dan yang terakhir, Tes ini akan mengukur intelelektualitas calon siswa apakah memang cocok dengan dunia kerja penerbangan atau tidak. Untuk jenis tesnya antar jurusan tidak ada perbedaan. Sama saja. Nah, Tak perlu berlama-lama lagi kita simak langsung apa saja jenis tes seleksi FAAST Penerbangan.

Tes Online

Tes online FAAST Penerbangan adalah berupa calon siswa mengerjakan soal-soal pilihan ganda sebanyak 50 soal dengan soal-soal campuran pengetahuan umum serta bahasa Inggris. Syarat untuk bisa mengerjakan soal tes online ini adalah, Calon siswa sudah menyerahkan berkas pendaftaran seperti KTP, Pas foto, Foto Full badan, Surat keterangan sehat dokter serta sampul raport. Serta membayar biaya pendaftaran disertai bukti pembayarannya. Kemudian, Calon siswa bisa login ke web pendaftaran online yang didalamnya termasuk tes online.

Tes Sekolah FAAST Penerbangan Serta Tips Lolos Tes Seleksinya
Tes Sekolah FAAST Penerbangan Serta Tips Lolos Tes Seleksinya

Tes online ini untuk mengukur intelektualitas calon siswa dengan berbagai wawasan dunia. Ada juga sedikit pengetahuan tentang dunia penerbangan serta soal Bahasa Inggris yang berhubungan dengan dunia kerja nantinya. Hasil tes yang bagus diharapkan bisa mencerminkan kapasitas kemampuan siswa sebenarnya.

Tes Interview

Setelah menyelesaikan tes online, Maka calon siswa bisa mengajukan permintaan untuk tes selanjutnya yakni tes intervew. Tes interview ini dilangsukan melalui pesawat telepon dan akan dihubungi pihak kampus. Calon siswa boleh mengajukan kapan waktu untuk interview asal masih dalam batas jam kantor dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore. Calon siswa juga harus memastikan nomor telepon yang Ia cantumkan aktif dan harus standby di jam interview yang telah ditentukan.

Tujuan dari tes interview adalah memberikan interaksi awal antara calon siswa dengan kampus. Kampus ingin lebih menggali motivasi, semangat serta kemauan calon siswa untuk menempuh pendidikan di FAAST. Kemungkinan calon siswa akan diberikan pertanyaan salam pembukaan dengan bahasa Inggris.  Sehingga calon siswa bisa melakukan persiapan lebih dini.

Tips Lolos Seleksi FAAST Penerbangan

Mungkin karena baru pertama kali mengikuti tes seleksi lanjutan sekolah menengah atas sederajat ini, Kamu merasa gugup, cemas, Takut tidak lulus tes seleksinya. Hah? Memangnya ada potensi calon siswa tidak lolos? Ya potensi itu ada karena beberapa faktor. Bagi yang merasa gugup, Tenang atur nafas! sedikit tips dari admin berikut dapat membantumu memperbesar peluang lolos seleksi.

Kita analisa dari 2 tes seleksi FAAST Penerbangan. Yaitu Tes online dan tes interview. Mana yang peluang menggagalkanmu paling besar? Tes online jawabannya! Kamu tidak perlu menebak semua pertanyaan dengan benar namun harus memastikan memiliki skor/nilai yang  baik.

  • Sering-sering mengerjakan soal online serupa. Dengan terlatih mengerjakan soal-soal online tersebut diharapkan kita mempunyai alur logika dalam menjawab soal tersebut. Misal jika ada jawaban yang tidak diketahui, Kita bisa menjawab dengan jawaban yang mendekati melalui intuisi. Ini bisa dilatih dengan terus mengerjakan soal online di internet.

Untuk tes interview seperti spoiler diatas, Ada perkenalan dengan Bahasa Inggris, Maka ini yang bisa dilatih sejak awal. Selain melatih intonasi serta kelancaran dalam berbicara.Beberapa trik sederhana interview via telepon :   Fokus dan hilangkan semua gangguan dari suara berisik atau ajakan ngobrol orang lain,   Lakukan riset sebelum wawancara cari tau banyak info yang berhubungan dengan sekolah FAAST.  Bisa kamu baca-baca di artikel ini. Dengarkan dan jangan mendominasi pembicaraan, Tutur kata halus dan jangan terlihat mendebat pewawancara. Siapkan jawaba-jawaban yang dirasa akan keluar pada saat tes interview termasuk jika ditanya apa motivasi masuk FAAST sehingga kamu bisa menjawabnya dengan cepat dan lancar.

Disamping itu, Penyebab lain mengapa kamu bisa gagal dalam tes seleksi ini karena mungkin kamu belum memenuhi kriteria persyaratan yang sudah disyaratkan.

  1. Pastikan sudah memenuhi syarat tinggi badan minimalnya. Walaupun hanya selisih 1 cm dari ketentuan tetap saja panitia pendaftaran tidak bisa mentoleransi. Persyaratan ini dimaksudkan demi kebaikan siswa tersebut agar lebih memudahkan dalam pencarian kerja tersebut.
  2. Kurangnya kemahiran dalam Bahasa Inggris, Walau belum tentu juga akan dianggap gagal, Namun umumnya panitia pendaftaran akan memberikan catatan agar mau meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrisnya pada saat pendidikan nanti.
  3. Jumlah kuota pendaftar sudah penuh. Memang disayangkan karena keterbatasan kelas dan kuota pendaftaran bahkan kloter pendaftaran dibagi dua, Jika gagal mendaftar di Bulan Juni bisa dialihkan ke kelas November. Karena keterbatasan kuota inilah maka hanya kandidat dengan skor terbaik serta yang tercepat mendaftar bisa mengisi ketersediaan kuota pendaftaran. Maka umumnya panitia pendaftaran biasanya akan menyarankan agar calon siswa secepatnya untuk mendaftar bahkan jauh-jauh hari sebelum bulan pendidikan.

Baca Juga : Kegiatan Akademik FAAST Penerbangan

Nah demikianlah tadi informasi mengenai Tes Sekolah FAAST Penerbangan Serta Tips Lolos Tes Seleksinya. Sehingga bisa menjadi referensi serta agar calon siswa bisa mempersiapkan pendaftaran dengan lebih lagi. Dengan harapan bisa melewati tahapan tes seleksi sekolah penerbangan FAAST dan semakin dekat dengan impian. Informasi pendaftaran selengkapnya : Kak Eri FAAST : 0895-4230-09107

 

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *